Buku Zero to One mulanya merupakan materi perkuliahhan yang disampaika oleh Peter Thiel diruang perkuliahaan University Stanford pada tahun 2012. Materi tersebut didengarkan oleh Blangke Masters yang kemudia mencatat materi tersebut dengan sangat detail, setelahnya Blangke bekerasama dengan Thiel untuk menulis buku ini.
Dari buku yang telah kubaca ini aku dapat menyimpulkan 10 poin yang aku rasa poin-poin tersebut sangat berguna dan harus kalianperhatikan bagi kalian yang ingin memulai bisnis.
- Poin pertama "Zero to One" sama seperti juduk bukunya, zero to one menciptakan hal yang benar benar baru, bukan meniru yang sudah ada, baigaimana kita membuat suatu produk yang benar-benar baru, bukan produk populer daan berpegang tenguh membesarkan produk tersebut.
- "Kompetisi itu Merugikan" disini dijelaskan bahwa kompetisi itu merugikan, karna banyaknya pesaing yang dapat mengganikan produk kita, jadi disarankan untuk menciptaka sebuat oproduk yang sagat berbeda yang ak terpikirkan oleh orang lain, fokus membangun monopoli yang sehat lewat keunikan. karna perusahaan terbaik adalah yang punyya produk yang tak tergantikan.
- "bangun sesuatu yang tidak ditiru" bisni yang hebat punya teknologi unik 10 kali lebih baik, branding kuat, dan skala besar dengan biaya rendah.
- "mulai dari market yang kecil" daripa langsung menargetkan pasar yang besar, dalam buku ini dijekaskan unuk lebih baik fokus pada pasar yang kecil erlebih dahulu, lingkungan sendiri. lalu baru perluas ke pasar yang lebihh besar.
- "Penting visi dan keyakinan yang kuat" funder yang hebat puya keyakinan yang berbeda dari mayoritas, meski bisnisnya beluum ramai dan terkenal ia akan terus pada keakinan yang kuatnya dan memperbaiki produknya.
- "masa depan idak terjadi secara acak" masa depan bisa diciptakan denga perencanaan, bukan hanya mengikuti tren. karna tren akan berganti seiring berjalannya waktu.
- "Tim hebat bukan hanya soal skill" bangun tim dengan visi yang sama, bukan hanya orang pintar, tapih orang-orang punya tujuan yang sama.
- "produk hebat menjual dirinya sendiri, tapih tetap butuh marketing" produk yang luar biasa memang lebih mudah dikenal dan disukai, apih tampa marketting yang bagus produk bisa tetap gagal dan tidak dikenal.
- "jangan meniru startup lain" mengcopy bisnis lain memang mudah, namunhal itu hanya akan jadi bumerang untuk persaingan, buatlah sesuatu yang berbeda secara radikal yyang sulit untuk di tiru sedemikian rupa.
- "monopoli adalah tujuan bisnis" kita memang kerap memandang negatif terhadap monopoli, namu monopoli yang dimaksud penulis disini ialah, membuat produk ang berbeda dan sulit untuk ditiru yaitu dengan menawarkan produk unggulan. eknologi lebih uggul, skala besar = lebih murah, efek jaringa, brand kuat. monopoli membuat brand lebih stabil, untung besar, ddan bisa berinvestasi untuk masa depan.
jadi itu dia poin-pooin yang udah aku rangkum, semoga bermanfaat buat kalian semua.